Mathematics and Education

Filsafat adalah Hidup..??

Friday, September 14, 2012

Ketika banyak yang mengatakan bahwa belajar filsafat untuk mendapatkan pola pikir, maka hati dan pikiran saya menolak. Karena selama hidup saya, ketika mengerti akan hidup dan pilihan di dalamnya, yang menjadi pola pikir dan olah pikir saya adalah Matematika.


Matematika yang membantu saya memikirkan hidup ini, dan bukan filsafat. Dari tempat saya berdiri, kemudian hendak menuju ke suatu tempat yang berbeda, dalam otak dan naluri saya adalah, 'di manakah arah terdekat?', 'berapa lama waktu tersingkat yang dibutuhkan?', 'mana yang tercepat, jalur A atau B?', dan seterusnya.

Secara gamblang ingin saya katakan, bahwa filsafat adalah bagian dari ilmu matematika. ketika seorang manusia paham betul dengan imu matematika, seharusnya dapat menjawab soal-soal yang berkaitan dengan filsafat. Namun tidak sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa matematika merupakan ilmu yang lebih kompleks dari filsafat, dan filsafat sebagian kecil dari matematika.

Mengapa demikian?
Akan ada pada postingan selanjutnya, yang juga merupakan refleksi dari pertemuan pertama dengan Bpk. Marsigit, dosen pengampu Filsafat Ilmu pada PPs UNY.



10:26 AM